[/gigya width="200" height="200" src=" http://www.widgipedia.com/widgets/orido/RamadhanSound-4551-8192_134217728.widget?__install_id=1248336094072&__view=expanded" quality="autohigh" loop="false" wmode="transparent" menu="false" allowScriptAccess="sameDomain" ]

Rabu, 20 Juni 2012

Mau Menghafal quran, tapi kok sulit.......


Sahabat alquran apakah anda punya impian bisa menjadi penghafal alquran, tapi selalu saja ada bermacam-macam pikiran yg hinggap di otak anda. Mungkin binggung bagaimana mengawalinya, mungkin anda merasa sulit, mungkin waktu anda terlalu sibuk di habiskan dg kerja, kuliah atau mengurus rumah tangga. Sehingga sampai sekarang anda belum jg bisa mewujudkan impian itu. Sahabat, skrg hilangkan semua pikiran itu, skrg tugas anda bergerak n mencari solusi, agar wktu sibuk anda itu  berkah bersama alquran. Anda boleh bermpimpi bahkan punya mimpi setinggi2nya, tapi sobat jangan lupa bagun dong dari mimpi mu, agar kamu nggak jatuh dr mimpi tinggi trsbt.
 
Bangunlah n wujudkan dalam dunia nyata. Menjadi penghafal alquran mungkin bagi anda hanyalah mimpi. Sama seperti saya, dulu sy merasa hanya sebatas mimpi, tapi alhamdulillah skrg sy sdh bs mrsakan indahnya hdp brsma alquran. Sobat, setiap manusia mempunyai kesempatan menjadi penghafal alquran, tinggal bagaimana azzam n usaha kita masing2. Ada yg mengatakan ”gmna dong azzam uda ada tapi kok males, tapi kok susah?”.. Waduuuh mas, bu, pak, abang, nek, kek, bu de, pakde en el el, itu mah bukan azzam!! Tapi msih sebatas niat saja, yakinlah kalo org yg bnr2 sdh pnya azzam kuat dia akan seberangi samudera, atau lautan api sekalipun. Dia akan berusaha nekat agar bisa mnjdi penghafal alquran walau nyawa taruhannya hehe..(betapa tdk, krn yg ditaruhkannya berupa surga Allah). Tapi sya syukur kalo kamu uda punya niat. Sebelum sy memebri solusi gmn sih mnjadi penghafal alquran, mari kita lihat berbagai kewajiban kita dg alquran:
 
1. Tilawah. Yaitu membaca alquran dg benar sesuai hukum tajwid yg berlaku.
           
            Dan bacalah Alquran dengan tartil (QS. Al-muzzammil :4
 
 
2. Hifzhul Alfazh. Yaitu menghafal alquran
3. Hifzhul Ma’ani. Yaitu memahami maknanya. Ini tahapan bagaimana penghafal alquran  dapat memahami ayat2 yg sdh dihafalnya
4.Hifzhul a’mal. Yaitu membiasakan diri utk mengamalkan ajaran isi alquran
5.Ta’limul quran. Yaitu mengajarkan dan memasyarakatkan alquran dg org lain.
Sebaik2 kalian adalah org2 yg mengajarkan alquran dan mengajarkannya (HR.Bukhari)
Agar kita lebih mencintai alquran dan tambah sayang sma alquran, mari kita simak beberapa keistimewaan kalo kita bisa menghafal alquran:
 
1.   Termasuk keluarga Allah. Sabda Rasulullah s.a.w:   "Dari Anas ra. Ia berkata bahwa Rasulullah s.a.w bersabda, "Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia." Kemudian Anas berkata lagi, lalu Rasulullah s.a.w bertanya: "Siapakah mereka itu wahai Rasulullah. Baginda menjawab: "Iaitu ahli Quran (orang yang membaca atau menghafal Al- Quran dan mengamalkan isinya).Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.
2.    Tergolong manusia yang paling tinggi derajadnya di surga.
3.    Memberi syafaat di hari akhir.
4.    org yg pandai membaca alquran akan bersama dg para malaikat
5.    termasuk ke golongan sebaik2nya manusia
6.    Memperoleh penghormatan dari Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam.
Dari Abi Hurairah Radiyallahu 'anhu. ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam mengutus satu utusan yang terdiri dari beberapa orang. Kemudian Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam mengecek kemampuan membaca dan hafalan Al Qur'an mereka: setiap laki-laki dari mereka ditanyakan sejauh mana hafalan Al-Qur'an-nya. Kemudian seseorang yang paling muda ditanya oleh Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam :"Berapa banyak Al Quran yang telah engkau hafal, hai Fulan?" ia menjawab: aku telah menghafal surah ini dan surah ini, serta surah Al-Baqarah. Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam kembali bertanya: "Apakah engkau hafal surah Al-Baqarah?" Ia menjawab: Betul. Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam bersabda:"Pergilah, dan engkau menjadi ketua rombongan itu!". Salah seorang dari kalangan mereka yang terhormat berkata: Demi Allah, aku tidak mempelajari dan menghafal surah Al-Baqarah semata karena takut aku tidak dapat menjalankan isinya. Mendengar komentar itu, Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam bersabda: "Pelajarilah Al Qur'an dan bacalah, karena perumpamaan orang mempelajari Al Quran  dan membacanya, adalah seperti tempat bekal perjalanan yang diisi dengan minyak misik, wanginya menyebar ke mana-mana. Sementara orang yang mempelajarinya kemudian dia tidur -dan dalam dirinya terdapat hafalan Al Qur'an- adalah seperti tempat bekal perjalanan yang disambungkan dengan minyak misik

7.   Penghafal Al Qur'an akan memakai mahkota kehormatan.
Dari Abi Hurairah Radiyallahu 'anhu. bahwa Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam bersabda: :"Penghafal Al Qur'an akan datang pada hari kiamat, kemudian Al Qur'an akan berkata: Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan), Al Qur'an kembali meminta: Wahai Tuhanku tambahkanlah, maka orang itu diapakaikan jubah karamah. Kemudian Al Qur'an memohon lagi: Wahai Tuhanku ridhailah dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu: bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga), dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan" (Hadits diriwayatkan oleh Tirmizi dan ia menilainya hadits hasan (2916), Ibnu Khuzaimah, al hakim, ia meninalinya hadits sahih, serta disetujui oleh Adz Dzahabi(1/533).)
8.      Memperoleh penghormatan dari manusia.
Sabda Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam  "Dari  Abu Musa Al Asya'ari Radhiyallahu 'anhu Ia berkata bahawasanya Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam bersabda: "Diantara perbuatan mengagungkan Allah adalah menghormati Orang Islam yang sudah tua, menghormati orang yang menghafal Al-Qur'an yang tidak berlebih-lebihan dalam mengamalkan isinya dan tidak membiarkan Al-Qur'an tidak di amalkan, serta menghormati kepada penguasa yang adil."
9.    Tanda bakti tertinggi kepada kedua orang tua
"Seorang anak yang membaca Al Quran dan menyempurnakan bacaanya serta mengamalkan kandungan isinya, Allah akan memakaikan mahkota kepada kedua orang tuanya di akhirat kelak. (HR. Abu Daud)
10.  Hatinya terbebas dari siksa Allah 'Azza wa Jalla.
Sabda Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam
" Dari Abdullah Bin Mas'ud Radhiyallahu 'anhu Dari  Nabi Shallallahu 'alayhi wasallam Baginda bersabda: " bacalah Al Qur'an kerana Allah tidak akan menyiksa hati orang yang hafal Al Qur'an. Sesungguhanya Al Qur'an ini adalah hidangan Allah, siapa yang memasukkunya ia akan aman. Dan barangsiapa yang mencintai Al Qur'an maka hendaklah ia bergembira."
11.  Mereka (bagi kaum pria) lebih berhak menjadi Imam dalam shalat.
Sabda Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam :
"Dari Ibnu Mas'ud Radhiyallahu 'anhu Dari Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam beliau bersabda; "yang menjadi imam dalam solat suatu kaum hendaknya yang paling pandai membaca (hafalan) Al Qur'an."
12.  Disayangi oleh Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam.
Sabda Rasulullah Shallallahu 'alayhi wasallam:
"Dari  Jabir Bin Abdullah Radhiyallahu 'anhu Bahawa Nabi Shallallahu 'alayhi wasallam menyatukan dua orang dari  orang-orang yang gugur dalam perang uhud dalam satu liang lahad. Kemudian nabi Shallallahu 'alayhi wasallam bertanya, "dari mereka berdua siapakah paling banyak hafal Al Qur'an?" apabila ada orang yang dapat menunjukkan kepada salah satunya, maka Nabi Shallallahu 'alayhi wasallam memasukkan mayat itu terlebih dahulu ke liang lahad."   Dan masih byk keberkahan lainnya….
WUJUDKAN MIMPI ANDA
Sobat, sblm kamu menghafal alquran hal yang perlu kamu tata adalah niat, bersihkan hati dan niat tujuan kamu menghafal, niat yg rusak (hanya mengharapkan kenikmatan dunia), akan membuat kita murka di hadapan Allah.
1. Niat
“Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niat Dan setiap orang (akan mendapatkan) apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya (dalam rangka menjalankan ketaatan kepada) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya menuju  Allah dan Rasul-Nya. Akan tetapi siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya menuju apa yang ia niatkan. “ (HR.Bukhori dan Muslim)
2. Perbaiki bacaan (Tahsin)
Membaca alquran haruslah benar dan sesuai tajwid, karena Allah menurunkannya dengan tajwid. Bacaan yang baik dan sesuai tajwid akan sangat membantu dalam menghafal alquran, karena kita tdk perlu lagi fokus memikirkan hukum2 tajwid pada saat menghafal. Anda bisa ikut halaqoh2 alquran atau mendaftarkan diri ke lembaga tahsin dan tahfidz quran di kota tempat tinggal anda.
3. Perbanyak Tilawah
Sebelum menghafal anda harus banyak2 tilawah, selain kita byk dapat pahala, ternyata byk tilawah akan membuat mudah saat menghafal, karena ayat2 yg sudah kita baca akan terekam di otak kita. Makanya pada saat anda tilawah jgn asal nyelonong aja, tapi kenali macam2 juz di alquran, misal saat anda tilawah di juz 1 anda harus kenali karakter juz 1 itu, oh juz 1 byk membicarakan keimanan, awal juz 1 di awali dg alif lamim, dan seterusnya.
4. Jadikan tilawah quran sebagai wirid harian
Anda harus komitmen pada diri, kalo bisa hukum diri anda jika anda melanggar komitmen itu. Buat komitmen kalo dalam sehari harus tilawah 1 juz, 2 juz atau 3 juz sesuai kemampuan kita. Kalo saya pribadi, punya komitmen dalam sehari harus tilawah 2 juz dan sebangun saya dari tidur harus tilawah 1 juz dulu n tdk boleh mengerjakan pekerjaan apa2 sblm tilawah usai. Kalo melanggar itu saya akan menghukum diri saya dg infaq, puasa atau tilawah dua kali lipat dari target.
5. Alquran itu mudah dan tidak susah
Dan sesungguhnya kami mudahkan alquran utk peringatan,adakah org yg mau mengambil pelajaran (QS.Al qomar :17, 22, 32, 40)
Kami tidak menurunkan Alquran ini kepadamu agar engkau menjadi susah (QS.thaha:2)
Subhanallah, Allah menegaskan berulang kali pada kita kalo alquran itu mudah dan tdk susah. Tapi mengapa diri kita masih saja beralasan susah. Sobat, diri kita lah yg membuat susah, mengapa? Karena alam bawah sadar kita sdh dicegokin kata2” susah”, blm di coba uda bilang ”susah”. Saya jadi ingat ungkapan ”Engkau akan menjadi apa yg engkau pikirkan”. Ya, kalo pikiran kita bilang bodoh, yaa siap2 aja kamu akan di nobatkan sbgai org bodoh beneran. Yg bilang alquran mudah itu bukan saya y sobat, tapi Allah sendiri, nah kamu harus yakin n percaya dg jaminan Allah itu. Mulai sekarang motivasi diri anda kalo alquran ”MUDAH”....WE MAKE EASY!!
Trs ada yg bertanya, mengapa ya kalo ngafal saya susah konek, eh kalo denger lagu cpet hafal? Jawabnya simple, kr blm terbiasa. Ya, mungkin telinga kita lebih familiar dengar lagu2 daripada murottal alquran. Mata kita lebih terbiasa melihat yg haram, daripda memandang rangkain ayat2 Allah. Mulut kita terbiasa menyanyi daripada melantunkan ayat2 cinta Allah. Jangan kalo Fb an berjam2 kamu tahan tapi sama quran bosan. Sobat, kalo kamu sdh berazzam ingin mjdi Hafizh/hafidzah, km jg hrs siap dg sgala komitmennya. Alquran itu cemburu loh kalo kita lebih memperhatikan dan menghabiskan waktu dg kesenangan dunia.Tidak mungkin menghafal tapi maksiat masih jalan. Karena menghafal alquran adalah  menjaga Kalam Allah yg suci, hanya hamba2 allah yg suci pula lah yg pantas menjaganya. Menjaga Alquran sama saja menjaga dirimu dari MAKSIAT!!
Nah, kalo bacaan mu sdh bagus trs guru pembimbing kamu udah kasih izin buat ngafal, inilah saat2nya km menghafal sobat. Kalo bisa kamu harus menyetor hafalan sama ustadz/ustadzah yg uda hafidzh kalo beruntung yg uda dapat sanad Rasulallah.
 
Metedonya:
1. Buat batasan hafalan
Buatlah target hafalan dalam sehari, tentunya sesuai dg kemampuan sobat. Misal sobat harus menghafal 1 halaman quran tiap hari dari hari senin- sabtu, atau senin-minggu. Bagi pemula coba dulu ngafal 1 ayat, trs besoknya 2 ayat dan seterusnya. Tapi kalo mau coba 1 halaman sah-sah saja, tapi biasanya bagi pemula kalo langsung coba 1 halaman atau 2 halaman dan dia gak mencapai target besok2nya dia bosan.
2. Pakai mushaf standar dan jangan ganti2 mushaf. Biasanya penghafal quran pake mushaf utsmani (kalo bagi kamu yg msih blm bisa baca ayat2 di utsmani coba belajar dulu sama pembimbing tahfidz anda, gak susah kok bahkan sangat mudah n alquran ustmani memudahkan kita utk belajar tajwid)
3. Tetap punya wirid tilawah walau sudah menghafal
4. Tentukan waktu khusus buat ngafal
Misalnya, kamu punya waktu ba’da subuh, maka gunakan sebaik2nya waktu itu. Pokoknya sesuai kan waktu dg aktivitas mu. Dan berdoalah pd Allah biar wktu sdikit tapi mendapat keberkahan.
5. Cari tempat ngafal yang bebas dari gambar2, yg lebih baik ngafal di masjid agar lebih berkah. Tapi kalo di kamar kamu bebas dari gambar2, patung2 ya silakan ngafal di kamar. Kalo saya sih pindah2 sesuai hati kadang di kamar, di masjid, di bwah pohon dll...
6. Fokus saat menghafal
Kamu harus bilang sama keluarga kalo kamu sedang menghafal, kamu bisa tulis di pintu kamar kamu ”maaf, sedang ngafal, harap jgn diganggu dulu!”, dan hp kamu harus di silent atau di non aktifkan. Anggap kamu lagi pacaran n bermesraan sm alquran. Dan gak boleh ada yg ganggu.
7. Ikut halaqoh quran atau gabung ke pondok tahfidz
Kalo di tempat sobat ada lembaga tahfidz segera daftarkan diri, karena anda di sana akan mendaptkan teman2 seperjuangan sehingga bisa menjaga semangat menghafal kita saat sedang futur. Tapi kalo di tempat anda tdk ada lembaga tahfidz, coba anda kumpulkan teman2 di kantor, sekolah, tetangga untuk membentuk halaqoh quran, dan tinggal anda mencari guru yg hafidzh. Kalo cara ini juga gak bisa karena tidak adanya guru anda boleh belajar via online di www.muntadaquran.net (yang di asuh oleh ustadz Taufik Hamim Effendi, Lc, MA), anda tinggal add YM beliau dan bisa chat sama para hafidzh/hafidzah. Atau ke situs saya www.duniaalquran.blogspot.com
Ayo, gunakan kecanggihan internet untuk dakwah dan ibadah, bukan Cuma Fb-an gak ada manfaat.
            Tapi ada yg bertanya, ”wah kalo org2 yg mondok di tahfidz sih wajar kalo mereka bisa hafal alquran, karena waktu 24 jam mereka selalu bersama alquran, beda dg saya yg kerja dan ngurus anak2 di rumah? Ok, emang wajar kalo mereka bisa hafal tapi jgn jadikan alsan dong, masih byk kisah nyata hamba2 allah yg bisa menghafal alquran dengan kesibukan mereka, dan bahkan ada yg buta bisa hafal quran kok..
Pertama :
Sebut saja Fatimah (bukan nama sebenarnya), seorang ibu rumah tangga yang tinggal di wilayah Condet Bale Kambang Jakarta Timur ini, yang sejak lama sadar akan mulianya menghafal Al-Qur'an ini, mulai menjalankan aktifitas belajar tahsin tilawah (memperbaiki bacaan Al-Qur'an) di sebuah lembaga Al-Quran (pulang pergi, tidak mondok dan kegiatan belajar dan mengajarnya tidak setiap hari). Saat ini umur sang ibu tidak lebih dari 56 tahun. sejak 5 tahunan lalu beliau mulai mempelajari tahsin tilawah dengan bimbingan seorang guru tahfizh Al-Qur'an, setelah mendapatkan lampu hijau dari sang pembimbing, mulailah dia menghafal Al-Qur'an. Sebagai seorang ibu rumah tangga tentunya ibu Fatimah ini banyak disibuki oleh pekerjaan rumah secara rutin setiap hari. Namun atas izin Allah SWT,setelah lima tahun beliau berjuang untuk menghafalkan Al-Qur'an, akhirnya berhasil menghatamkan hafalan Al-Qur'an seluruhnya, 30 juz.. Tentu ini semua tidak mudah dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki tekad yang kuat dalam mencapai cita-citanya untuk menghafal Al-Quran. Apalagi dengan memiliki 1001 alasan yang telah dikantonginya untuk tidak bisa menyisihkan dan mengkhususkan waktu untuk belajar dan mengafal Al-Qur'an.
 
Kedua :
Bu Maryam Ramayani, ibu rumah tangga asal Sumatra Barat kini telah tiga tahun lalu telah menyelesaikan hafalan Al-Quran 30 juz.. Beliau mulai menghafal Al-Quran pada umur 33 tahun. Alhamdulillah, dengan bimbingan seorang Ustadz yang hafal Al-Quran 30 juz, ibu dari dua orang anak ini mampu mengikuti jejak para penghafal Al-Quran. Di samping sebagai seorang ibu rumah tangga yang harus mengurusi suami dan kedua anaknya, senin sampai jumat beliau juga terlibat aktif dalam perkuliahan di sebuah Sekolah Tinggi Islam di bilangan Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Selain aktif dalam kegiatan dakwah, sang ibu saat menghafal Al-Quran juga aktif mengajarkan Al-Quran kepada anak-anak di Komplek DPR RI Kali Bata Jakarta Selatan. Karena dengan mengajarkan Al-Quran sambil menghafal akan terasa lebih mudah dan banyak keberkahan, sehingga atas pertolongan Allah SWT dalam waktu yang cukup singkat sekitar 3,5 tahun untuk ukuran orang sibuk, alhamdulillah Ibu Maryam mampu menyelesaikan hafalan Al-Quran 30 juz.. Salah satu upaya yang telah dijalankan dalam menghafal Al-Quran di sela-sela kesibukannya, beliau menghafalkan dengan bantuan Mushaf Al-Quran terjemahan; karena dengan bantuan terjemahan ini akan memberikan pemahaman akan ayat atau surat yang akan dihafal dan juga lebih mudah untuk selalu diingat.
Ketiga :
Pak DDD 43 tahun, Kebetulan dia tetangganya ustad Hamim di jatimakmur Pondok Gede Bekasi. Sejak tahun 90an beliau mulai menghafal Al-Qur'an surat-surat pendek kemudian dilanjutkan dengan surat-surat yang agak panjang. Bapak dari 9 anak bekerja sabagai peneliti di LAPAN  (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) kini telah menghafal Al-Qur'an tidak kurang dari 9 juz. Beliau memiliki konsistensi yang baik, komitmen dengan waktu dalam menghafal Al-Qur'an walaupun dengan kesibukannya yang tidak sedikit. Sebagai seorang aktifis dakwah beliau tidak lupa membekali dirinya dengan bekal ilmu agama, diantara dengan menghafal Al-Qur'an. Tidak lepas dari diri beliau sebuah mushaf mini yang selalu ada di saku bajunya, sehingga bila ada waktu luang maka tidak dilewatkan begitu saja melainkan diisinya dengan kegiatan menghafal Al-Qur'an.
Bila dalam perjalanan, seringkali beliau menggunakan walkman untuk selalu mendegarkan murottal Al-Qur'an. Karena dengan banyak mendengarkan murottal Al-Quran, pasti proses menghafal akan terasa lebih mudah. Memang untuk menghafalkan Al-Qur'an ini beliau agak 'memaksakan' dirinya, karena kalau tidak mana bisa orang sesibuk beliau yang sedang menyelesaikan program S3nya di Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki hafalan yang tidak sedikit ini mampu sekian banyak juz dalam Al-Quran. Terlebih beliau harus selalu mendidik anak-anaknya yang yang jumlahnya hampir selusin. Anak pertama beliau yang kini telah bergelar sarjana S1 di IPB sejak lama telah menyelesaikan hafalan Al-Quran 30 juz. Anak ke-2, 3, 4 dan ke-5 sudah hafal mulai dari 3 juz sampai 20 juz lebih. Jadi sepertinya bapak yang rambutnya sudah mulai memutih ini ingin sekali anak-anaknya menjadi para penghafal Al-Quran, sehingga tercipta sebuah rumah yang berpenghuni para penghafal Al-Quran, oh alangkah indahnya.
 
Keempat:
Namanya Faizah (bukan nama sebenarnya), dia teman saya dan pernah menjadi guru tahfidz saya. Dia seorang mahasiswa di Imam muhammad ibnu suud Islamic University atau biasa kita kenal dengan LIPIA Jakarta. Sungguh kuliah di Lipia tdk lah gampang 7 tahun utk mendapatkan gelar Lc, banyak sekali tugas2 dari dosen. Disamping kuliah dia juga mengajar. Seabrek kesibukan dan aktifitas mengajarnya alhamdulillah dia bisa menyelesaikan 30 Juz.
 
Kelima:
Faishol Da’sy Al-Qohthoni, seorang bocah berusia 12 tahun yang mengalami buta sejak lahir. ia mampu menghafal Al-Qur’an hanya dalam rentang waktu 2 tahun saja ditengah decak kagum banyak orang kepadanya. Allah memeberikan petunjuk kepadaku untuk menempuh metode dengan mendengarkan kaset.Aku menaruh tape di dalam kamar dan meyambungnya dengan kabel. Aku dapat menghidupkannya dengan cara menekan tombol listrik yang ada di tembok.Secara otomatis, bacaan terulang-ulang hingga selesai proses hafalan seluruh yang ada di kaset. Kemudian aku menggantikannya dengan yang lain. ”ungkapnya
waktu yg dibutuhkan utk menghafal??
Berapa lama waktu utk khatam 30 juz itu tergantung seberapa banyak kita menghafal dalam satu hari. Kalo kamu bisa ngafal 2 halaman dalam satu hari, Insya Allah dalam 2 tahun atau 2,5 tahun kita bisa khatam. Ada yang bisa menghkatam 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, bahkan 5 tahun. Tapi sobat, jgn khawatir,bila hafalan qt tak scpat sprti menambhnya hafalan teman qt, kr sngguh ALLAH mliht proses n usaha bukn hsil, allah melihat niat qt bkn gelar hafizah dan sbrp jauh qt mengaplikasiknya, kr tu la tahzan sobat, menjaga alquran bukan hnya dalam waktu 1 tahun or 2 tahun, tapi seumur hdp menjganya..
Trik2 menghafal:
Sobat, sebenarnya banyak trik2 atau metode menghafal, saat saya menghafal dulu juga masih suka mencari2 metode dan mengganti2 metode, tapi karena saya sudah cocok dengan metode campuran (dari ustadzah, syaikh2, dll). Cocok tidak cocoknya sesuai dengan kita sobat. Metode ulama terdahulu, mereka tidak akan berpindah hafalan sebelum hafalannya lengket di ingatan. Sobat, ketika kita menghafal pergunakanlah semua indera kita dari (pendengaran, penglihatan, gerak dll), fungsikan semua indera.
1. Indera pendengaran
Sebelum menghafal dengarkan lah VCD atau MP3 murrottal syaikh yg terkenal seperti Syaikh Saud Ash-Shuraim, Syaikh Misyari Rasyid Al Efassy, Hani Rifa’i, Ghomidi, Sudais dll...Trs kalo kamu tilawah harus dg suara agak keras minimal bisa di dengar jelas sama telinga kita.
2. Indera penglihatan
Penglihatan anda benar2 harus memperhatikan ayat2 alquran yg hendak anda hafal, perhatikan jumlah ayat dalam 1 halaman itu, perhatikan pojok kiri n kanan halaman alquran yg hendak di hafal, surat apa, juz berapa dll..
3. Gerak
Saat menghafal anda bisa menggunakan gerakan tangan atau isyarat tangan, hal ini bisa mempermudah anda. Misal ayat yg membicarakan tentang cinta pada Allah, anda bisa mengisyaratkan cinta dg jari tangan anda bentuk love dan Allah dengan isyarat 3 jari tangan anda, Bukankah tiga jari kita itu berbentuk tulisan allah. Atau semua ayat yang telah kita hafal, kita tulis di kertas.
a.       Kalo sobat ngafal 1 halaman, maka sobat bagi 2 bagian dulu. Biasanya 1 halaman terdir dari 8-12 ayat. Kalo ada 8 ayat maka bagi dua, jd masing2 bagian punya 4 ayat. Hafal dulu bagian yg pertama (ingat jika anda sudah hafal 1 ayat, dan ingin ke ayat selanjutnya sobat harus mengulang lagi hafalan sebelumnya), setelah bagian pertama sudah dihafal, lanjutkan dg menghafal bagian kedua. Jika sudah maka gabungkan hafalan bagian pertama dg kedua. Sehingga menjadi utuh.
b.      Sebelum menghafal coba baca yg ingin di hafal, misal mau ngafal 1 halaman, sehari sebelumnya baca  1 halaman itu sebanyak 20x, dan baca lagi 10x dg bacaan cepat pada saat hari ingin menghafal. insha Allah bakal cepet lengket.
c.       Hafal sesuai dengan tema, biasanya ada alquran terjemahan yg sesuai dengan tema. Misalnya QS.Al Baqarah ayat 1-5 bertema tentang orang2 beriman yg menerima alquran.
d.       Dengarkan murrottal sebelum menghafal
e.       Saat menghafal usahakan anda mengerti makna ayat itu
f.       Saat menghafal, usahakan anda bisa membayangkan bentuk tulisan di dalam mushaf
g.      Tulis ayat2 yg sudah kita hafal,yang sudah terbayang di ingatan.
h.      Muroja’ah (ulang hafalan) di sholat2 kita

         Ini metode dari saya sesuai pengalaman saya saat menghafal, nantikan metode selanjutnya ya,,,,,,,,,,,,,

0 komentar:

Posting Komentar